(About) TOURING


Karena gw jg msh Newbie, maka kita sama2 share ya …. 🙂

Definisi Touring?

Touring (selanjutnya disebut ‘turing’) adalah satu bentuk kegiatan klub melakukan perjalanan dengan mengendarai sepeda motor ke tempat tujuan tertentu untuk menyalurkan kegemaran berkendara sepeda motor para anggotanya dan menikmati indahnya kebersamaan dan persatuan para anggota.

Pengklasifikasian Touring.

Menurut tujuan dan persyaratannya, turing dibedakan dalam 3 jenis yaitu touring terbuka, touring tertutup dan touring besar (grand touring).

1. Touring Terbuka

* Persyaratannya Tujuan : adaptasi bagi anggota baru
* Peserta : semua anggota
* Jenis mesin : 4 tak/2 tak, min. 100 cc
* Jarak tempuh pp : 150 – 200 km (medan jalan aman bervariasi dan beresiko kecil)
* Kecepatan Maks : 90 km/jam (disesuaikan kondisi di jalan)

2. Touring Tertutup

* Persyaratannya Tujuan : menyalurkan kegemaran touring dan memperkuat persaudaraan antar anggota
* Peserta : anggota yang aktif mengikuti touring terbuka
* Jenis mesin : 4 tak/tak, cc sesuai jarak tempuh dan medan jalan
* Jarak tempuh pp : min. 200 km
* Kecepatan Maks : 100 km/jam (disesuaikan kondisi di jalan)

2. Touring Besar (Grand Touring)

* Persyaratannya Tujuan : menyalurkan kegemaran touring dan memperkuat persaudaraan antar anggota
* Peserta : anggota yang telah mengikuti touring tertutup
* Jenis mesin : 4 tak/2 tak, min. 125 cc
* Jarak tempuh pp : 1000 km
* Kecepatan Maks : 100 km/jam (disesuaikan kondisi di jalan)

========================
jadi turing itu sebenernya tergantung event karena di klub gwe ada yg namanya TurCilDaKot (turing kecil dalam kota)
bedanya touring sebuah komunitas dengan piknik beramai2?
tentu bedanya piknik yang dituju adalah tujuannya sedangkan touring biasanya yang dicari dan dinikmati adalah perjalanannya itu sendiri

Turing bermotor adalah kegiatan yang melibatkan perjalanan dengan sepeda motor untuk kenikmatan yang didapat dari perjalanan daripada tujuannya itu sendiri.

-wikipedia

sumber : google

turing berawal dari para pesepeda yang mencari kesenangan dengan cara menyusuri jalur yang biasa dilalui balap tour sepeda, tetapi tidak bertujuan untuk balapan ataupun mencapai satu tujuan, benar-benar menikmati perjalanannya.
cuma konsep awal turing tersebutlah yang mulai bergeser dan sering terlupakan karena sering menjadi suatu event resmi dari suatu komunitas.
sebenarnya yang paling utama dari sebuah touring adalah kepuasan diri.
dan kalau udah ketagihan liat aja contohnya si om jj yang keliling dunia sendirian, heheheh

Petugas Safety riding turing

Kapten/Leader/RC (Road Captain)
Memimpin dan membuka jalan bagi peserta turing. Diharapkan petugas ini mengerti keadaan masing² kendaraan anggotanya, sehingga kasus rombongan tercecer bisa diminimalisasi.

Sweeper
Mengawal rombongan (biasanya dibelakang sendiri), mengatur barisan turing (bila tidak ada SO/Safety Officer) agar peserta rombongan tidak tercecer, serta memberitahu kepada RC apabila ada rombongan yg tertinggal tuk memperlambat jalan atau berhenti.

SO (Safety Officer)
Mengatur barisan turing, baik 2 baris atau 1 baris, kecepatan rombongan turing dll

kalo secara sempit cukup 3

1. Kondisi Badan Fit
2. Kondisi Motor Prima
3. Kondisi Keuangan sejahtera

3 hal diatas saja bisa memungkinkan kita untuk melakukan adventure

namun jika ditinjau secara luas,banyak banget yg musti diperhatikan ato dibawa

Peralatan Motor :

-Tools sangat penting,ga usah ditanya lagi kali yah fungsi nya untuk apa
jika memungkin kan bawalah Tools yg sering digunakan cth: kunci 9,10,12,14,17,19..kunci L,Kunci Busi,baut,mur dll

sumber : advrider.com

– Busi
– Lampu Cadangan
– Ban Dalam Cadangan
– Senter
– Pisau kecil
– Kabel tie
– Sekring
– Kabel Kopling dan Kabel Gas
– WD40
– Chain Lube
– Oli
– Threebound,instant metal,power glue dll
– Tyre Guard dan sejenis nya
– Karet jaring
dll

Peralatan Akomodasi :

-Pakaian : sesuaikan dengan berapa lama perjalanan akan berlangsung,bawalah pakaian yg sesuai dengan kondisi tujuan perjalanan..
jika dalam musim hujan,bawalah pakaian yg berbahan cotton se minim mungkin.
– CD
– Handuk
– Peralatan mandi
– Pisau Cukur untuk yg berjenggot n berkumis
– Deodorant *penting nih!*
– Tissue Toilet
– Makanan Instant dan Air yang cukup
– Obat/P3K
dll

Gear

ini yang penting karena menyangkut keselamatan riders itu sendiri.
– Helm : di sarankan untuk memakai helm fullface,modular ato helm Trail..jangan gunakan helm halfface,karena proteksi yang diberikan sangat kurang.

– Jaket : Gunakan jaket yang mempunyai proteksi dan ventilasi yang bagus,sesuaikan juga dengan kondisi cuaca/iklim.

– Sarung tangan : dapat disesuaikan dengan kondisi cuaca/musim,gunakan Sarung tangan berbahan kulit jika dalam kondisi dingin..dan gunakan sarung tangan berbahan Mesh,Cotton,Sintetik jika dalam kondisi panas. gunakan sarung tangan yang mempunyai proteksi yang bagus.

– Sepatu : Gunakan Sepatu khusus untuk berkendara motor,terlebih lagi yang mempunyai perlindungan pada engkel kaki.

– Knee,elbow,hand and body guard : Optional,tp jika mempunyai disarankan untuk digunakan

– Bladder/Camelbak : Optional,menghindari dehidrasi saat perjalanan,2 lt cukup untuk mengisi kehausan perjalanan berjarak +- 300-500km

– Jas Hujan : For the Rainy day

and most of all

you dont have to own a box or panniers to do adventure..but if you have one,that will be benefit for you ;D ;D

sumber : google

RIDE ON!

next :

ada banyak pilihan tempat menginap ketika melakukan perjalanan :
– Hotel/Losmen/Guest house : pilihlah yang sekira nya bukan tempat mesum/yang tidak aman *banyak maling* and most off all..inexpensive ;D ;D ;D
– Rumah saudara/Teman
– Rumah Warga : jika kita melakukan adventure di tempat yang terpencil,dan tidak ada tempat penginapan..carilah kampung/desa terdekat,jika beruntung kita dapat menginap di rumah warga tersebut *jangan lupa memberi uang akomodasi*..you can pay about Rp.20k-50k for a night,it will be a good bargain.
– Camping : The best adventure ever if you do this way.

Jika kita akan melakukan camping hal2 yang harus diperhatikan atau dibawa :

– Tent/Tenda : banyak macam nya,dari yg ukuran 1 org – 8 org,pilihlah yang mempunyai weather protection : angin dan air. jika tidak mempunyai tenda,dapat menggunakan Terpal.
– Sleeping Bag : untuk kenyamanan tidur
– Sleeping Matras : Alas tidur
– Kompor mini
– Compas
– Lampu badai mini
– Pisau/kapak/Sekop mini
– Tali
– Obat anti serangga
– Garam : ditaburkan ke sekeliling tenda,digunakan untuk mencegah pacet mendekati tenda *kadang ada yg bilang berfungsi untuk ular juga*
– Spritus : untuk api unggun
– Snack,Makanan Instant
dll

jika belum mempunyai pengalaman dalam hal ber camping..
– carilah lokasi yang kira nya masih dalam jarak pantau dari Peradaban terdekat misal :1-2km dr desa terdekat.
– carilah lokasi permukaan yang datar,dan dekat dengan air
– Jauhilah pohon2 besar yang mempunyai ranting tua *supaya ga ketibanan di kala tdr*
mind ur attitude,you are in the middle of now where..respect the nature and the others.

[sumber : google

Next : Planning The trip

– SAFETY FIRST!
– Sesuaikan lokasi tempat tujuan dengan kondisi motor *there’s no road sports doing on mud and pot holes!*
– Atur budget dengan keperluan yang ada,tidak usah membawa uang berlebih..cukup bawa ATM/Kartu kredit.
– Pilihlah route yang terbaik menurut anda pribadi. jika mempunyai GPS lebih baik lagi
– Jika ingin menginap di hotel/cottage/bungalow dll..booking sebelum Perjalanan dimulai
– Buat lah Plan B jika Plan A tidak berfungsi sebagaimana mestinya “S**t always happen”
– Tidak usah terburu2,Realistic KM ambitions..rushing sucks.
– Istirahat yang cukup selama perjalanan dan sebelum perjalanan,idealnya adalah ber istirahat jika sudah menempuh perjalanan selama 3-4 jam..its good for your body and your bike
– Sharing perjalanan jika anda melakukan nya secara grup/duet
– Kenalilah karakteristik Partner anda
– Bawalah Map dan Notepad
– Having a huge smile on your face when you take off your helmet in front of the people of a village will do wonders for how they will treat you.
– Say Thanks to other people

sekian tips dari saya..semoga membantu

Tambahan :

tips :
– bawa jas ujan
– gunakan jaket yg ga tembus angin ato wind protector
– kl turing rame – rame, perhatikan kondisi teman
– jalan mending malem hari, diatas jam 1 malem. Pertama sepi dan kedua bisa ngejer topspeed, + dingin ( jadi gak cepek capek ). Kekurangannya klo yang gak cukup tidur malah jadi bahaya.
– Sarung tangan, apalagi dijalanan mau ke Bandung lewat puncak. Bisa dingin banget tuh tangan.
– Helm Fullface ( biar aman aj )
– Isi fulltank motor.

Sumber : dikutip dari berbagai tempat … 🙂

Ada lagi panduannya disini : http://www.motodream.net/content/read/jangan-touring-sebelum-baca-ini/ 😉

pinjem potonya om hardiandepe :mrgreen:

Advertisements
This entry was posted in Touring.

6 comments on “(About) TOURING

  1. #99 bro says:

    vartekku blm pernah buat turing..

    namanya jg matik motor dlm kota..
    qqq

    sip imponyah

  2. juragancelengan says:

    Turing=unTu gaRing..xixiixix

  3. #99 bro says:

    lingga edan… zha itu lingga jangan di klik isinya serem..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s