(Wisata Rohani – Katholik) Gua Maria Kaliori

Oke,,
Weekend ini tepatnya tanggal 7, 8, 9 Oktober 2011 saya ada kegiatan keluar kota, ziarah ke Gua Maria Kaliori, di daerah Purwokerto Jawa Tengah πŸ˜‰

Ziarah ini bertepatan dengan Bulan Maria yg diperingati setiap bulan Mei dan Oktober.
Rombongan ziarah ini terdiri dari pegawai Kementerian Keuangan dan bbrp org mahasiswa STAN yg tergabung di Lingkungan Khusus Santo Yoseph Kementerian Keuangan.
Dari instansi saya sendiri diwakili oleh 2 org, yaitu saya sendiri dan temen saya yang “bocor” Laurentius Yossi Amanto πŸ˜†

Total pesertanya sendiri saya kurang jelas, berkisar 30 orang kayaknya,, πŸ˜€
Kendaraan yg disediakan panitia adalah sebuah bus Pariwisata Blue Star dengan total kapasitas 59 seat.

Jadwal dari panitia kumpul di Lapangan Banteng hari jumat tanggal 7 oktober antara jam 6 sore smp jam 7 mlm utk registrasi ulang peserta, namun karena 1 dan lain hal maka kami rombongan jalan dari Lapangan Banteng skitar jam8.30 malam.
Ambil rute : Lapangan Banteng – Sudirman – Kuningan – Pantura – Bumiayu – Purwokerto.

Bus berhenti sekitar 3x untuk memberi kesempatan penumpangnya buang air, yg menarik ketika berhenti di Pom Bensin Bumiayu, disana ada SPBU dengan 50 toilet VIP, top margotopppp…
Bahkan di toiletnya disediakan kursi roda untuk kaum difable dan jalan yg seperti perosotan gt utk jalan lewat kursi rodanya. πŸ˜‰

Sampe di Lokasi jam 9 pagi, langsung menempati wisma masing2 sekedar untuk mandi dan salin.
Wismanya lupa namanya,,, πŸ˜†
Ada bbrp wisma yg bs ditempati, saya bersama dengan Yossi dan Thomas (Pusdiklat Pajak) menempati wisma yg sama.
Mandi, dilanjutkan dengan sarapan di ruang makan, jatah makannya banyak euy, jadi surplus banyak banget .. :mrgreen:
Skitar jam 10 mulai jalan ke lokasi Jalan Salib
Baru masuk akan disambit disambut oleh burung kasuari πŸ˜‰

Sekitar jam 10.30an ada ibadat kecil2an untuk menyiapkan hati dan pikiran untuk Jalan Salib.

Jam 11.30 mulai jalan menyusuri perhentian demi perhentian utk mengenang Yesus dari Ia dijatuhi Hukuman Mati.
Perhentian-perhentian itu adalah sebagai berikut :

Yesus dihukum mati
Yesus memanggul salib
Yesus jatuh untuk pertama kalinya
Yesus berjumpa dengan ibunya
Yesus ditolong Simon dari Kirene
Wajah Yesus diusap oleh Veronica
Yesus jatuh untuk kedua kalinya
Yesus menghibur wanita-wanita yang menangisinya
Yesus jatuh untuk ketiga kalinya
Pakaian Yesus ditanggalkan
Yesus disalibkan
Yesus mati di salib
Yesus diturunkan dari salib
Yesus dimakamkan

Saya dan Yossi dapet lilin untuk perhentian ke 5 – Yesus ditolong Simon dari Kirene.

Selesai Jalan Salib, lanjut Misa skitar jam 12.30 dipimpin oleh romo dari Flores (lupa namanya) πŸ˜†

Setelah itu cari oleh2/souvenir di sekitar sana. πŸ˜‰
Lanjut makan siang dan skalian checkout dari wisma sekitar jam2.30.

Perjalanan berlanjut ke rumah Pak Riyanto utk makan siang. πŸ˜€
Puas makan siang lanjut ke Baturraden buat mandi air panas di sana ,, πŸ˜†

Bayar tiket masuk 15rb utk terusan, tp ternyata pas mandi air panasnya bayar lagi 4rb, payah nih .. :mrgreen: 5 ribu utk tiket masuk dan bayar lg 4rb utk mandi air panasnya … πŸ˜‰
Selesai dari mandi air panas saya sama Yossi lanjut hunting tempat foto πŸ˜†
Bahkan Yossi sempet foto bareng warga sekitar, dikira artis kayaknya,,, :mrgreen:

Lanjut ngeteh di dpn kawasan wisata sambil makan mendoan khas Purwokerto, skalian nunggu yg lain kelar.
Ehhh,,, ternyata yg lain pada terapi ikan, pdhl tadinya Yossi tnya ke yg jaga pemandian air panas katanya jam 5an udh pd tutup.. πŸ˜†

Jam6.30 malam keluar dari kawasan untuk cari oleh2, saya sndiri beli keripik tempe utk org rumah, Puput dan untuk kantor.. πŸ˜‰
Karena tas yg saya bawa kecil, makanya saya ga bs bawa banyak, maap ya… 😦

Kelar beli oleh2, langsung menuju Jakarta, berhenti di Indramayu utk buang air, setelah itu saya ga inget lagi jalu pulangnya krn pules banget tidur di bis yg super lega ,, :mrgreen:

Sampe di Lapangan Banteng jam 5 pagi hari minggu, ambil motor di parkiran basement gedung D trus lanjut pulang πŸ˜†

Demikian trip report saya kali ini.. πŸ˜‰
Salam..
GBUs … πŸ˜‰

Notes : Yossi ada janji sama yg di poto buat balik lg kesana hari sabtu besok… πŸ˜†

Ada beberapa kalimat yg saya quote dari panitia dalam perjalanan kali ini :

Ytk. Rekans Komunitas

1. Provisiat…! Ziarah ke Gua Maria Kaliori dan Rekreasi ke Area Wisata Batur Raden SUKSES…!
Sepanjang perjalanan plus semua acara yang direncanakan berjalan lancar.

2. Dengan Jalan Salib, kita mendapat nilai tambah spiritualitas penderitaan Yesus di sepanjang Jalan Salib.
Bunda Maria mengikuti dan Berduka Cita sepanjang Jalan Salib Putra-Nya (Maria Dolorosa).
Ramalan Nabi Simeon : bahwa kelak suatu pendang akan menembus jiwa Maria menjadi nyata dan
mencapai puncaknya pada Jalan Salib Putra-Nya sampai pada peristiwa Jenazah Tuhan Yesus
yang hancur berada di pangkuan St. Perawan Maria (Maria Pieta: Lukisan Michael Angello).

Lengkaplah sudah 7 pedang Duka Cita yang diramalkan menembus jiwa Maria,
dari 7 Pedang Duka Cita,4 diantaranya berada di sepanjang Jalan Salib Putra-Nya,

3.Selanjutnya saat rekreasi adalah saat yang sangat menyenangkan dan menyegarkan.
Pemandangan Kawasan Batur Raden sangat indah, jurang bertingkat-tingkat dengan
air terjun yang tiada hentinya mencurahkan air pengunungan Gn Slamet
(Gunung Tertinggi di Jawa Tengah). Kita punya kesempatan Mandi Kesehatan dgn air Hangat Belerang
Kawasan Wisata Batur Raden bersih dan tertata rapi.

4. Lebih dari Ziarek, komunitas kita sempat berkunjung ke keluarga Mas Riyanto Itjen
Kita mendapat jamuan makan siang yang lengkap dan uenak tenann…!
Es Dawet Khas Banyumas juga tersedia. Kita disambut hangat oleh Kel. Besar Mas Riyanto
Silaturachmi komunitas kita dengan kel. Mas Riyanto terjalin dengan baik

5. Rombongan komunitas juga sempat melintas di kota Purwokwerto yang adem anyem
Kita punya kesempatan beli aneka oleh-oleh sesuai selera rekans dan kel.
Saat berbelanja oleh2 kel. Mas Riyanto masih mengirim logistik untuk makan malam dan
Sack yang dalam box.

Sabtu malam minggu Bus Blue Star yang masih baru ( 1 minggu ) meluncur ke jakarta
Sampai di Jakarta pagi subuh Pkl.04.30 dengan lengkap dan selamat.

Berhubung Seksi Dokumentasi tidak bisa ikut, mohon bagi rekans komunitas yang bawa kamera
untuk meng- Up Load foto-foto saat ziarek

Sampai Jumpa pada acara berikutnya tahun depan yang pasti lebih seru dan asyikk…!

Panpel

Aris – Didik

Lampiran : sedikit foto2 dari camdig saya

6 comments on “(Wisata Rohani – Katholik) Gua Maria Kaliori

1. riyanto says:

trm ksh informasinya, sangat informatif…jd pengin k sana lagi

2. riyanto says:

sekedar berbagi informasi kl hr sabtu, 22-10-2011 jam 19.30 di UPH ada konser koornya Lippo. di milis sdh sy lampirkan brosurnya. barangkali mo menyaksikan. Mksh